Sabtu, 26 November 2011

KOMUNIKASI MASSA DAN EFEK MEDIA TERHADAP INDIVIDU

Diposting oleh ayuputri.pratiwi di 06.15
Sistem Komunikasi Massa dan Khalayak



          Menurut De Fleur dan Dennis komunikasi masa merupakan suatu proses yang dibentuk melalui tahap-tahap. tahap-tahap tersebut ada lima macam tahap, sebagai berikut :
1.Pesan komunikasi diformulasikan oleh komunikator-komunikator profesional
2.Pesan komunikasi dikirimkan melalui cara yang relatif cepat dan berkelanjutan melalui penggunaan media
3.Pesan tersebut mencapai khalayak yang besar dan beragam yang memilih dengan selektif
4.Para anggota khalayak secara individual menafsirkan pesan tersebut dengan cara sedemikian rupa sehingga mereka memahamimakna yang kurang lebih sejajar dengan yang dimaksud komunikator
5.Sebagai hasil dari pengalaman memberi makna ini, para anggota khalayak dipengaruhi dalam cara tertentu dengan kata lain, komunikasi tersebut memberi pengaruh tertentu.
            Dalam sistem komunikasi massa, pesan-pesan yang diterima seseorang diolah oleh para profesional seperti wartawan,editor,produser disalah satu bagian dari industri komunikasi. Karakteristik komunikasi massa menurut Gamble & Gamble, antara lain adalah
(1) mencapai khalayak yang banyak tidak diketahui secara personal dengan pengirimnya
(2) khalayaknya heterogen, 
(3) menggunakan medium, 
(4) dikontrol oleh banyak gatekeepers (editor,redaktur) yang menyeleksi isi media yang akan disajikan pada  khalayak  
(5) umpan balik terbatas.
             Terdapat perbedaan komunikasi massa dengan komunikasi tatap muka, yaitu dalam hal :
(1)konsekuensi menggunakan media, 
(2) konsekuensi memiliki khalayak luas dan beragam, 
(3) pengaruh sosial dan kultural.
Secara teknis terdapat empat tanda pokok dari komunikasi massa yang tidak terdapat dikomunikasi interpersonal, yaitu komunikasi massa  brsifat tidak langsung,searah, terbuka, dan mempunyai publik yang tersebar secara grafis. perbedaan teknis ini menyebabkan komunikasi massa memiliki karakteristik psikologis yang khas jika dibandingkan dengan sistem komunikasi interpersonal.




beberapa contoh komunikasi massa

Efek Media Terhadap Indivudu
           Efek media massa adalah suatu efek yang berasal dari perlakuan media massa kepada kita. ada tiga pendekatan dalam media massa, yakni efek media massa, perubahan pada diri  khalayak komunikasi massa dan tinjauan suatu observasi yang dikenai efek komunikasi massa.
      Efek kehadiran masa secara fisik memberikan 5 efek, yakni efek ekonomis, efek soial, efek penjadwalan kembali kegiatan sehari-hari, efek pada penyaluran/penghilangan perasaan tertentu dan efek pada perasaan orang terhadap media. Pesan media massa memberikan efek kognitif, efektif dan behavioral kepada khalayak penerima. selain efek-efek negatif media massa juga memberikan efek positif dengan menimbulkan efek prososial. tiga wilayah efektif prososial antara lain efek terapetik, pengembangan kendali diri, kerjasama membagi dan membantu.
sumber :
1. buku psikologi komunikasi, universitas terbuka
2. gambar dari google

0 komentar:

Posting Komentar

 

TUGAS PSIKOLOGI KOMUNIKASI Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez