Selasa, 22 November 2011

PENGARUH SOSIAL DAN PERILAKU KELOMPOK

Diposting oleh ayuputri.pratiwi di 18.25
PENGARUH SOSIAL
          Pengaruh sosial merujuk pada perubahan sikap atau perilaku sebagai hasil dari interaksi orang lain. terdapat perbedaan tingkat pengaruh sosial pada setiap individu,yaitu menerima sepenuhnya pengaruh orang lain tersebut (acceptance) atau hanya melakukan perubahan secara parsial tidak menerima pengaruh tersebut secara utuh (compliance).

Bentuk dari  acceptance adalah 
a.identification (identifikasi)
b.internalization (internalisasi)

Bentuk dari compliance adalah
a.conformity (konfirmasi)
b.obedience (kepatuhan)

Mengapa kita menuruti dan terkadang menerima pengaruh orang lain? ada dua alasan yang dikemukakan para ahli, yaitu :
a.Pengaruh normatif, terjadi apabila pengamatan kita terhadap orang lain memberi suatu pedoman perilaku (norma) sehingga kita terpengaruh untuk meniru tindakan tersebut.
b.Pengaruh informasional, terjadi apabila kita mengubah pikiran dan tindakan kita karena orang lain telah menunjukkan kita cara atau jalan yang benar atau lebih baik.
          Mengapa orang yang tidak kita kenal mempunyai kekuasan untuk mempengaruhi kita? Penelitian menguji dampak dari kehadiran orang lain, baik orang asing maupun tema, berdasarkan dua proses tersebu, yaitu pembentukan norma dan tekanan kelompok.
           Faktor situasi yang mempengaruhi konformitas menurut Asch, yaitu : 
(1) ukuran kelompok, 
(2) kenulatan suara,
(3) kohesi kelompok, 
(4) komitmen publik.
Perbedaan individual yang mempengaruhi konformitas atau kecenderungan untukmenyesuaikan diri disebabkan faktor-faktor 
(1) status, 
(2) gender, 
(3) personality traits, 
(4) budaya.

PERILAKU KELOMPOK


             Dalam psikologi sosial, suatu kelompok terdiri dari kurang lebih dua orang atau lebih yang berinteraksi,berkomunikasi, dan mempengaruhi satu sama lain selama beberapa waktu. untuk membentuk suatu kelompok, sekelompok orang harus saling berbagi bukan hanya keadaan yang sama, tetapi juga persepsi dan tujuan.
Terdapat dua alasan umum mengapa orang bergabung dengan suatu kelompok :
1.mencapai tujuan
2.memuaskan kebutuhan
            Mengenai pengaruh kelompok terhadap individu adalah identitas, penyimpangan, dampak sosial. Menurut Robert Bales, terdapat dua fungsi penting dari perilaku yaitu agenda tugas, berhubungan dengan pekerjaan dan agenda sosial,mempertemukan kebutuhan emosional dan peran sosial para anggota kelompok. Pertemuan dua agenda tersebut dilakukan oleh  kelompok dengan beberapa struktur dan proses kunci, yaitu:
1.Norma adalah aturan atau pedoman bagi perilaku yang diharapkan
2.Peran adalah seperangkat norma yang menentukan perilaku yang pantas bagi posisisosial tertentu.
3.Kohesi kelompok, yaitu rasa keterkaitan dan kesetiaan yang memotivasi setiap anggota untuk tetap     berada dalam kelompok
           Untuk memahami dampak baik atau buruk keterlibatan kelompok dapat dilihat dari proses kunci dan kelompok yaitu sebagai berikut.
~ Deindividu, maksudnya adalah dampak terhadap kesadaran diri
~ Dampak terhadap kinerja
~ Sosialisasi kelompok
            Terdapat lima faktor yang dapat mempengaruhi kualitas keputusan kelompok, yaitu 
(a) tujuan sama, 
(b) pembagian tugas, 
(c) status dan komunikasi, 
(d) ukuran kelompok, 
(e) heterogenitas kelompok.
Dalam pembuatan keputusan kemungkinan terdapat bias, ada tiga sumber yang dapat memberi konstribusi bias, yaitu 
(a) predisposisi anggota, 
(b) solusi terendah, 
(c) pergeseran pilihan.
            Kepemimpinan merupakan perilaku dalam kelompok yang paling menentukan keefektifitasan komunikasi kelompok. Pemimpin adalah anggota kelompok yang berpengaruh, yang menuntun,mengarahkan dan memotivasi kelompok. Terdapat dua perilaku utama dari pemimpin yang berorientasi tugas dan tindakan sosial-emosional, yaitu spesialis dan kepemimpinan unggul.
Fungsi pemimpin adalah :
1.mencapai tujuan kelompok
2.memelihara kelompok
3.membentuk identitas simbolik
4.perwakilan kelompok
5.melakukan perubahan kelompok

sumber :
buku psikologi komunikasi universitas terbuka

0 komentar:

Posting Komentar

 

TUGAS PSIKOLOGI KOMUNIKASI Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez