Kamis, 13 Oktober 2011

Persepsi Dan Sensasi

Diposkan oleh ayuputri.pratiwi di 06.58
SENSASI 
 Pada dasarnya manusia dikelilingi oleh bermacam-macam sensasi dalam kehidupannya. tapi tau kah anda apa yang dimaksud sensasi tersebut??
SENSASI berasal dari kata sense, yang mengandung arti alat indra, yang menghubungkan organisme dengan lingkungannya. Jadi secara garis besar sensasi adalah proses manusia dalam menangkap stimuli melalui alat indra yang manusia miliki.  Stimuli adalah apa saja yang dapat mnyentuh alat indra, baik dari dalam dan luar. Macam-macam alat indra dari mulai yang paling penting yaitu indra penglihatan, pendengaran,peraba dan pengecap. Selain  ke5 alat indra tersebut ada pula indra kinestesis dan vestibular (ini dalam dunia psikologi). Indra kinestesis berarti indra yang memberi informasi tentang posisi tubuh dan anggota badan. contoh indra kinestesis yaitu mengarahkan arah pandangan kita ke kanan jika kita ingin melihat sesuatu yang berada di sebelah kanan. Sedangkan alat indra vestibular adalah alat indra yang dapat menjaga keseimbangan, contoh alat ini adlah telinga.
CONTOH sensasi : jika telinga kita mendengar musik pop.
Sensasi juga dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor situasional dan faktor personal. Dalam faktor situasional mencakup segala hal atau situasi yang berada di luar, seperti keras lembutnya suara, tajam dan halusnya bebauan dan terang dan buramnya cahaya. Sedangkan faktor personal adalah hal-hal yang dimiliki oleh seseorang, seperti kapasitas alat indra,pengalaman dan lingkungan budaya. Kedua faktor tersebut yang menyebabkan berbedanya penerimaan sensasi pada setiap orang (antara orang yang satu dengan yang lainnya pasti berbeda).


PERSEPSI
Sensasi merupakan awal mulanya sebuah proses persepsi. Persepsi adalah cara kita menginterpretasikan pesan yang telah diproses oleh sistem indrawi kita (sensasi). Contoh : saat saya melihat honda jazz berwarna merah (sensasi), kemudian kita teringat dengan mobil honda jazz merah milik kekasih saya. Bila kita melakukan proses persepsi maka manusia dapat memperoleh pengetahuan baru, ini di karenakan  persepsi mengubah sensasi menjadi suatu informasi.


Gambar diatas adlah gambar proses persepsi. Dalam gambar tersebut terlihat sebuah kucing dan seorang manusia. Manusia itu melihat sinar cahaya  lalu setelah indra penglihatnya (mata) melihat, syaraf merepresentasikan kucing tersebut. Setelah itu  saraf penyebab dan menghubungkan dengan kesadaran, lalu kucing itu seperti kucing yang dirasakan oleh manusia (pengamat eksternal).


Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi
Setiap individu akan memaknai berbeda pada suatu stimuli, walaupun stimuli tersebut berasal dari objek yang sama. Hal ini merupakan persepsi selektif, yakni kita memilih makna tertentu atas suatu setimuli yang di terima oleh alat indra kita.


Coba kalian perhatikan baik baik gambar diatas. Bentuk apakah pada gambar tersebut??. Mungkin anda ada yang melihat seperti gambar dua orang muka tampak samping dan ada pula yang melihat gambar sebuah piala pada gambar diatas.


Atau pada kambar kedua ini. Gambar apakah itu?? , sekilas kita dapat mengartikan itu adalah sebuah pohon tua dan kering yang sudah tidak memiliki daun-daun (tinggal ranting saja) dan jika kita melihat lebih cermat lagi maka akan terlihat ada delapan wajah.

Sekarang  kita pasti bingung apa sih yang bisa membedakan persepsi orang walaupun dalam satu objek yang sama?? jawabannya ada faktor faktor yang mempengaruhi ini semua. faktor itu adalah :
1.FAKTOR PERSONAL  
Persepsi tidak hanya ditentukan oleh jenis dan bentuk, tetapi juga dengan karakteristik orang yang memberikan respons pada stimuli tersebut. ketika di perlihatkan suatu gambar pada orang lapar dengan orang yang kenyang, maka orang lapar akan menanggapi gambar sebagai makanan, daripada orang yang tidak lapar.
Krech dan Crutchfield (rakhmat,2003) merumuskan dalil "persepsi bersifat selektif secara fungsional", artinya objek-objek yang diberi tekanan dalam persepsi biasanya merupakan objek-objek yang memenuhi tujuan individu tersebut. hal ini dipengaruhi oleh kebutuhan,suasana mental,suasana emosional dan latar blakang budaya.
2. FAKTOR STRUKTURAL
Pada faktor ini berasal dari sifat stimuli fisik dan efek-efek syaraf yang ditimbulkan pada sistem syaraf individu. apabila kita memersepsikan sesuatu, menurut aliran "GESTATL" kita memersepsinya sebagai suatu keseluruhan (rakhmat,2003).
Macam-macam cara menyusun stimuli menurut hukum Gestalt :
1.Prinsip kedekatan (letak stimuli yang berdekatan cenderung terlihat sebagai kelompok)
2.Prinsip kesamaan (stimuli yang sama tampak sebagai kelompok)
3.Prinsip kelengkapan ( cenderung melengkapi bagian yang kosong dan melihat gambaran yang lengkap terutama apabila objek itu kosong).
sumber dari buku psikologi komunikasi, universitas terbuka. gambar di dapat dari google .

0 komentar:

Poskan Komentar

 

TUGAS PSIKOLOGI KOMUNIKASI Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez